22 Oktober Hari Santri Nasional

    Bensilatu News, Team editor KSP BEN SILATU H.Sahid Danuji S.Pd.MM. selaku selaku ketua mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Hari Santri sendiri merupakan salah satu peringatan hari nasional yang ditetapkan menurut Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2020. Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Tanggal ini merujuk pada kilas sejarah dimana pada tanggal 22 Oktober
1945, KH. Hasyim Asy’ari, Pendiri NU, mengeluarkan anutan yang populer sebagai                 Resolusi Jihad. Isinya yaitu kewajiban (fardlu ain) bagi setiap muslim untuk bertempur melawan penjajah. Sehingga setiap pejuang yang gugur dalam peperangan melawan penjajah pun dianggap mati syahid.

    Resolusi Jihad ini yang kemudian mengkremasi semangat para santri dan arek-arek Surabaya yang kemudian memicu terjadinya insiden 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian juga diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Untuk itu marilah kita peringati dan meriahkan Hari Santri 2020 sebagai bentuk kepedulian santri terhadap kutuhan dan kejayaan NKRI. Terkait dengan logo, silakan gunakan logo Hari Santri 2020 versi Kementerian Agama ataupun Nahdlatul Ulama, baik secara berdampingan atau salah satunya.

sumber 

 Tanggal ini ditetapkan mengingat peran historis para santri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :       

Editor & Foto edithing : Agus CS  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar