Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa

February 28, 2013

By
usaha sampingan mahasiswaApa bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa? Bisnis sampingan yang cocok bagi mahasiswa adalah yang sesuai dengan karakternya. Pertama, pasti modalnya harus minim
, karena mahasiswa toh belum punya penghasilan, jadi kalau bisa bisnis yang akan digelutinya tidak membutuhkan modal besar. Kedua, harus tidak begitu menyita waktu, karena mahasiswa masih harus menuntaskan tugas utamanya dalam studi.
Berikutnya yang juga penting adalah semakin bisnis itu lekat dengan dunia anak muda, maka semakin cocok dilakukan. Misalnya bisnis-bisnis yang mengandalkan internet. Katakanlah, usaha tersebut bisa dilakukan hanya dengan menggunakan laptop dari sebuah kamar kos. Atau sambil mengerjakan tugas kuliah (atau facebookan) di warnet, bisa sambil berbisnis. Dengan faktor ini, maka tingkat keberhasilan si mahasiswa dalam menekuni usaha sampingan ini akan semakin besar
Saat ini sudah banyak mahasiswa yang berhasil membiayai sendiri kuliahnya dari hasil berbisnis dengan menggunakan internet. Umumnya bisnis yang mereka lakukan itu terbagi dalam beberapa jenis :
  1. Ads publisher : Mereka mengelola sebuah atau beberapa blog, yang dimonetize lewat iklan. Tidak sedikit yang bisa mencapai penghasilan belasan juta perbulan. Umumnya mahasiswa yang sukses sebagai ads publisher adalah mereka yang menggelutinya dengan serius dalam waktu yang cukup lama. Salah satu program ads pubsliher yang paling terkenal adalah Google Adsense
  2. Bisnis Dropship : Ini bisnis yang jauh lebih gampang dibanding dengan bisnis pada point no. 1. Bahkan hanya dengan menggunakan facebook atau blackberry messenger, anda bisa mengikuti peluang bisnis dropshipper. Intinya, bisnis dropshipper adalah pengecer produk dari sebuah produsen besar.
  3. Bisnis Afiliasi : Ini mirip dengan bisnis dropship, yaitu juga memasarkan produk orang lain lewat internet, tapi bedanya : kita sebagai seorang afiliate marketing tidak perlu sibuk mengurus transaksi hingga layanan purna jual. Semua controlled by system!. Ini adalah salah satu jenis bisnis afiliasi.
Yang pasti, apapun jenis bisnis sampingan yang anda pilih – sebagai mahasiswa – harus diimbangi dengan belajar terus menerus tentang bisnis tersebut. Amat sangat jarang ada seseorang yang langsung sukses pada bisnis pertamanya, kecuali mereka dibimbing oleh mentor yang tepat!
Sumber

2 komentar: